Social Icons

Minggu, 03 Maret 2013

Mengenal Huruf Korea

⦁ SEJARAH ( 유래 )

Huruf hanggeul dibuat sesuai dengan perintah Raja Sejong pada tahun 1433 dan diumumkanpada tahun 1466. Raja Sejong membuat vokal Bahasa Korea berdasarkan “langit ( 天 , • ), tanah ( 地 , ㅡ ), dan manusia ( 人, ㅣ ), yang dipercayai bahwa hal tersebut adalah unsur – unsur pokok dari alam semesta. Raja Sejong, juga membuat konsonan berdasarkan bentuk organ suara waktu mengucapan. “Hanggeul”, adanya susunan sistematis bahkanbentuk pun sangat indah berdasarkan teori ilmiah. Pada tahun 1997, “ hanggeul”, diakui oleh UNESCO ( United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization ), dan ditetapkan hingga diakui oleh dunia.

⦁ HURUF ( 글자 )

Saat mempelajari suatu bahasa asing, maka dengan otomatis hal yang menjadi perhatian kita untukpertama kali adalah hurufnya. Oleh karena itu sebelum mulai membahas tentang tata bahasa, maka akan lebih baik kalau kita mengenal huruf dan cara penulisannya terlebih dahulu.
Huruf korea atau yang disebut juga huruf Hanggeul, terdiri dari 4macam yaitu:

⦁ Konsonan primer

⦁ Konsonan sekunder

⦁ Vokal primer

⦁ Vokal sekunder

Dalam penggunaan keempat huruf tersebut tidak terdapat aturan khusus hanya saja akan terjadi perubahan bunyinya.

Olehkarena itu kita harus memperhatikan letaknya baik – baik.

Konsonan primer

Konsonan terdiri dari 14 huruf. Masing – masing hurufnya memiliki bunyi yang berbeda tergantung dari letak konsonan tersebut; diawal atau diakhir dalam sebuah kata.

Ke-14 huruf konsonan tersebut yaitu:


Konsonan primer

Konsonan terdiri dari 14 huruf. Masing – masing hurufnya memiliki bunyi yang berbeda tergantung dari letak konsonan tersebut; diawal atau diakhir dalam sebuah kata. Ke-14 huruf konsonan tersebut yaitu:



Vokal primer

Vokal primer terdiri 10 huruf, yaitu:


Vokal sekunder terdiri dari 11 huruf. Bentuk dari ke-11 huruf vokal sekunder ini seperti merupakan hasil gabungan dari 2huruf vokal primer yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar